Pengaruh Strategi Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pemilihan Jasa Pada PT. Bina Edu Pratama
Keywords:
Strategi Promosi, Pelayanan, Pejualan ProdukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi promosi dan pelayanan terhadap Keputusan pemilihan jasa, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner secara manual kepada konsumen PT. BINA EDU PRATAMA. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 475 pelanggan dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 responden. Hasil uji parsial (uji t) antara strategi promosi terhadap penjualan produk menunjukkan nilai t hitung 2,656 > t tabel 1,664, untuk variabel pelayanan terhadap kepuasan konsumen menunjukkan nilai t hitung 2,473 > t tabel 1,664, sedangkan kedua variabel tersebut diuji secara simultan (uji F) dan mendapatkan hasil nilai F hitung 9,918 > F tabel 4,88. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi promosi dan pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemilihan jasa.
References
Abdullah, Thamrin. 2017. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
Agus Hermawan. (2013). Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran. Jakarta. PT Buku Seru. Hal 38.
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Anang Firmansyah, Budi W dan Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Asrianti, N., Kambolong, M. and Bake, J. (2014) ‘Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Motor Pada PT. Astra Internasional Tbk. Cabang Kendari’, pp. 1–11.
Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bahrul Kirom. 2015. Mengukur Kinerja & Kepuasan Konsumen: Servive. Performance and Customer Statisfaction Measurement, Edisi Revisi. Bandung: Pustaka Reka Cipta 150
Cornelia Dumarya Manik. 2015. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan
Daryanto & Setyobudi, I. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Fandy Tjiptono. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta 2017
Fandy Tjiptono. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Ghozali Imam. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Haryanto, Resty Avita. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mc donald’s Manado. Jurnal. Manado : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulagi
Hasibuan, Melayu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Heizer Jay and Render Barry. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo
Ivantan, Neneng Khoiriah, Sari Karmiyati. 2020. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Jay Heizer & Barry Render (2015). Manajemen Operasi Edisi Ke-11. Jakarta: Salemba Empat
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2014). Essentials of Organizational Behavior (12th ed.). New Jersey: Pear.