Pengaruh Strategi Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pemilihan Jasa Pada PT. Bina Edu Pratama

Authors

  • Budi Syamtoro Universitas Pamulang
  • Nur Rachmah Wahidah Universitas Pamulang
  • Putri Nilam Kencana Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Promosi, Pelayanan, Pejualan Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi promosi dan pelayanan terhadap Keputusan pemilihan jasa, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner secara manual kepada konsumen PT. BINA EDU PRATAMA. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 475 pelanggan dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 responden. Hasil uji parsial (uji t) antara strategi promosi terhadap penjualan produk menunjukkan nilai t hitung 2,656 > t tabel 1,664, untuk variabel pelayanan terhadap kepuasan konsumen menunjukkan nilai t hitung 2,473 > t tabel 1,664, sedangkan kedua variabel tersebut diuji secara simultan (uji F) dan mendapatkan hasil nilai F hitung 9,918 > F tabel 4,88. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi promosi dan pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemilihan jasa.

References

Abdullah, Thamrin. 2017. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Agus Hermawan. (2013). Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran. Jakarta. PT Buku Seru. Hal 38.

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Anang Firmansyah, Budi W dan Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Asrianti, N., Kambolong, M. and Bake, J. (2014) ‘Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Motor Pada PT. Astra Internasional Tbk. Cabang Kendari’, pp. 1–11.

Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bahrul Kirom. 2015. Mengukur Kinerja & Kepuasan Konsumen: Servive. Performance and Customer Statisfaction Measurement, Edisi Revisi. Bandung: Pustaka Reka Cipta 150

Cornelia Dumarya Manik. 2015. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan

Daryanto & Setyobudi, I. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Fandy Tjiptono. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta 2017

Fandy Tjiptono. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Ghozali Imam. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Haryanto, Resty Avita. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mc donald’s Manado. Jurnal. Manado : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulagi

Hasibuan, Melayu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heizer Jay and Render Barry. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo

Ivantan, Neneng Khoiriah, Sari Karmiyati. 2020. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Jay Heizer & Barry Render (2015). Manajemen Operasi Edisi Ke-11. Jakarta: Salemba Empat

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2014). Essentials of Organizational Behavior (12th ed.). New Jersey: Pear.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Syamtoro, B., Wahidah, N. R., & Kencana, P. N. (2024). Pengaruh Strategi Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pemilihan Jasa Pada PT. Bina Edu Pratama. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 7-10. Retrieved from https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman/article/view/555

Issue

Section

Articles