Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kurikulum Terhadap Minat Pendaftar Di SMK Muhammadiyah Parakan

Authors

  • Budi Syamtoro Universitas Pamulang
  • Dana Universitas Pamulang

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Kurikulum, Minat Pendaftar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kurikulum terhadap Minat Pendaftar di SMK Muhammadiyah Parakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promosi (variabel X1), Kualitas Pelayanan (variabel X2) dan Kurikulum (variabel X3) terhadap Minat Pendaftar (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan judul penulisan , selain itu dengan cara studi lapangan yaitu melakukan observasi dan kuesioner. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Jurusan Akuntansi, Pemasaran dan Mutimedia SMK Muhammadiyah Parakan yang berjumlah 97 orang, dan popuasi ini juga digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Sehingga dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik penarikan sampel sampling jenuh atau sensus. Dari hasil analisis regresi linear berganda melalui program SPSS Versi 21 menunjukkan tingkat korelasi yang “rendah” dengan kekuatan sebesar 0,388 atau 38,8%. Nilai koefisien determinasi R= 38,8%, menunjukkan bahwa kontribusi Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kurikulum Terhadap Minat Pendaftar pada SMK Muhammadiyah Parakan sebesar 38,8%, sedangkan selebihnya yaitu 61,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Pengaruh dan signifikansi antar Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kurikulum dengan Minat Pendaftar. Pada hasil uji t untuk Promosi terhadap Kualitas Pelayanan diperoleh thitung sebesar -0,790 < ttabel yaitu 1,660. Pada hasil uji t untuk Kualitas Pelayanan terhadap Minat Pendaftar diperoleh thitung sebesar 12,22 > ttabel yaitu 1,660. Pada hasil uji t untuk Kurikulum terhadap Minat Pendaftar diperoleh thitung sebesar 0.382 < ttabel yaitu 1,660. Dan selanjutnya hasil uji F untuk Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kurikulum terhadap Minat Pendaftar nilai Fhitung diperoleh sebesar 53.804 > Ftabel yaitu 3,940 sehingga thitung berada didaerah penerimaan Ha. Ha diterima, Ho1, Ho2, dan Ho3 ditolak. Sehingga Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kurikulum berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pendaftar.

References

Almasdi, dan Jusuf Suit, , 2012. Aspek Sikap Mental dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Syiar Media.

American Marketing Association (AMA), Definition of Mareting (2007), yang dikutip ole Philip Kotler dan Keller Kevin Lane yang diterjemahkan oleh Bob Sabran.

Atik, dan Ratminto, 2005. Manajemen Pelayanan, disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen's Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ariani, D. Wahyu, 2004 Manajemen Operasi Jasa, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2009. Assauri, Sofyan, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, dan Strategi, Jakarta : PT Grafindo Persada.

A. Zeithaml, V.Parasuraman, A. and L. Berry L, 1989, “Problem and Strategies in Service Marketing” Jurnal of Marketing Vol. 49 (Spring).

Basu, Swastha DH, 1998 Asas-asas Marketing, Edisi 3, Yogyakarta : Liberty.

Basu, Swastha dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko, 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Yogyakarta : BPFE.

Bitner, M. J., dan Zeithaml, V. A., Service Marketing (3 rd ed.), Tata. Mc Graw Hill, New Delhi, 2003.

Buchari Alma, 2004.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kelima, Edisi Revisi, Bandung : Alfabeta.

Bone, Louis E, Kurtz Davis L, 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer, Buku 1, Jakarta : Salemba Empat . Brown, R,G, Burns, T, Lecture, 2005. Notes Darmatologi, Jakarta : Erlangga.

Bryson, John, 2001, Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Craven, David W, 2003.Pemasaran Strategis Jilid 2, dialihkan oleh Lina Salim, Jakarta : Erlangga. Dakir, 2004.Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dalyono, M, 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

David, Fred R., 2006.Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi Kesepuluh, Jakarta : Salemba Empat. Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Syamtoro, B., & Dana. (2024). Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kurikulum Terhadap Minat Pendaftar Di SMK Muhammadiyah Parakan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 112-116. Retrieved from https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman/article/view/756

Issue

Section

Articles