Pengaruh Konflik Dan Pemutusan Hubungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Di PT. ISS Indonesia Cabang Medan

Authors

  • Devi Permata Sari Universitas Alwashliyah Medan
  • Dian Purnama Sari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Winda Wardhani Universitas Alwashliyah

Keywords:

Konfilik, Pemutusan Hubungan Kerja, Semangat Kerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik dan pemutusan hubungan kerja baik secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan di PT. ISS Indonesia Cabang Medan dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 1,031 + 0,329 X1 + 0,712 X2. Secara parsial, variabel konflik (X1) berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) di PT. ISS Indonesia Cabang Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (3,952 > 2,052). Sedangkan variabel pemutusan hubungan kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) di PT. ISS Indonesia Cabang Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (7,681 > 2,052). Secara simultan, variabel konflik (X1) dan pemutusan hubungan kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) di PT. ISS Indonesia Cabang Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (221,992 > 3,35). Variabel konflik (X1) dan pemutusan hubungan kerja (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel semangat kerja karyawan (Y) sebesar 94,3% sedangkan sisanya sebesar 5,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa hendaknya karyawan dan pimpinan mengurangi konflik yang berkepanjangan sehingga semangat kerja dapat meningkat. Hendaknya pimpinan lebih selektif lagi dalam memutuskan hubungan kerja sehingga karyawan yang masih layak tidak diberhentikan secara sepihak. Hendaknya karyawan bekerja dengan semangat yang tinggi agar perusahaan dapat melihat kualitas yang dimiliki karyawan.

References

Anwar Prabu Mangkunegara, 2013. Manajemen Personalia. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Arikunto Suharsimi, 2016. Manajemen Penelitian. Cetakan ke X. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Bayu Septian. 2018. Pengaruh Konflik Antara Sesama Karyawan dan Tingkat Kehadiran Terhadap Semangat Kerja Karyawan di PT. Antarmitra Sembada Divisi CBC Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan.

Duwi Priyatno. 2008. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Ety Rochaety, dkk. 2009. Metode Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Fahmi Irham. 2016. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Hamali A Y. 2018. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan. Cetakan Ke II. CAPS (Centre For Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Indah Shari Ayu. 2017. Pengaruh Kenaikan Target Kerja dan Sanksi Pemberhentian Hubungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan di PT. Kalbe Farma Tbk Cabang Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Al Washliyah (UNIVA). Medan.

Ircham Machfoedz. 2010. Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Penerbit Fitramaya. Yogyakarta.

Joko Subagyo. 2007. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Laksarini Riyana Fitri. 2018. Pengaruh Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Media di Rumah Sakit Islami Siti Aisyah Madiun Tahun 2018. Madiun: STIKES Bhakti Husada Mulia.

Malayu SP Hasibuan, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Penerbit BumiAksara. Jakarta.

Moh. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.

Mudrajad Kuncoro. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Sedarmayanti. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Penerbit Refika Aditama. Bandung.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung.

Syaiful Bahri, 2018. Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Edisi I. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

R Supomo. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Yarama Widya. Bandung.

T. Hani Handoko. 2003. Manajemen. Edisi ke- 2 Cetakan kedelapan belas. Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Sari, D. P., Sari, D. P., & Wardhani, W. . (2024). Pengaruh Konflik Dan Pemutusan Hubungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Di PT. ISS Indonesia Cabang Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 90-98. Retrieved from https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman/article/view/589

Issue

Section

Articles