Kualitas Produk Furniture Dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Angkasa Perabot Home Furniture)
Keywords:
Produk Furniture, Kualitas Layanan, Kepuasan PelangganAbstract
Dalam penelitian ini, penulis ingin mengidentifikasi masalah tentang Kualitas Produk Furniture Dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk furniture dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Perusahaan Angkasa Perabot. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang pelanggan yang sudah pernah membeli dan menggunakan sendiri produk furniture dalam setahun terakhir pada usaha Angkasa Perabot. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas yang dilanjutkan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 55% dan sisanya sebesar 45% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun saran yang diberikan kepada perusahaan berupa display yang mempunyai nilai estetika yang tinggi akan mendorong perhatian dan minat konsumen dalam Perusahaan Angkasa Perabot.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka cipta.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi), Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, Matondang. (2020). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: CV Budi Utama.
Atmaja, Jaka. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodomica, 2(1), 50, https://economicsbosowa.unibos.id/index.php/eb/article/view/443
Bida, Maryati. (2020). Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Feb Upi Yai, Jakarta: Fakutas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Persada Indonesia YAI.
Ely, Badrus Suryadi. (2019). Penataan Produk, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Universitas Diponegoro.
Hartanto, Andreani. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Lingkungan Fisik terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya, Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.
Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Erlangga.
Maramis, Sepang dan Soegoto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Air Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.3. Hal.1658 - 1667, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20411
Priharto, S. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Accurate. https://accurate.id/marketingmanajemen/indikator-kepuasan-pelanggan
Puspitasari, A. N., & Ferdinand, A. T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Mendorong Minat Beli Ulang (Studi pada Pengguna Nokia di Semarang), Semarang. http://eprints.undip.ac.id/29487/1/analisis_pengaruh_kualitas_produk_dan_kualitas_pelayanan.pdf
Ririn, Rosyidi. (2020). Monograf Pengendalian Kualitas, Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Rusmawan. (2018). Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pariaman di Toko Online Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 1(2).
Sinulingga, H. S. (2021). Perilaku Konsumen, Deliserdang: IOCS Publisher.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tjiptono, F. dan C. Gregorious. (2012). Pemasaran Strategik. Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif hingga e-Marketing. Edisi Kedua, Yogyakarta: CV. Andi Offset.