Pengaruh Firm Size, Dan Sales Growth Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Melalui Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2017-2021
Keywords:
Firm Size, Sales Growth, Corporate Social Responsibility, ProfitabilitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Firm Size, dan Sales Growth terhadap Corporate Social Resposibility dengan Profitabilitas sebagai variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 77 perusahaan dari 216 populasi selama tahun pengamatan 5 tahun berturut-turut sehingga total sampel sebanyak 850 pengamatan data. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Teknik Pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Firm Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Resposibility pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Sales Growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Resposibility pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Profitabilitas tidak dapat memoderasi pengaruh Firm Size terhadap pengungkapan Corporate Social Resposibility pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Profitabilitas tidak dapat memoderasi pengaruh Sales Growth terhadap pengungkapan Corporate Social Resposibility pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021.