Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Merek terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Politeknik Cendana Medan
Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Merek, Pengambilan Keputusan MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek terhadap pengambilan keputusan mahasiswa T.A. 21/22 memilih kuliah di Politeknik Cendana. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif asosiatif hubungan kausal. Jumlah responden / sampel sebanyak 40 mahasiswa dari populasi sebanyak 105 mahasiswa angkatan 21/22 dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Besar pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek terhadap pengambilan keputusan dapat dilihat dari hasil uji determinasi (R2) secara persentase adalah sebesar 78,8% . Dengan hasil koefisien determinasi ini, maka dapat disimpulkan bahwa pengambilan keputusan mahasiswa Politeknik Cendana T.A. 21/22 sebesar 78,8% dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek, sedangkan sisanya 21,2% merupakan sumbangan faktor lain yang dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Kesimpulan penelitian adalah adanya pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap pengambilan keputusan, adanya pengaruh antara kepercayaan merek terhadap pengambilan keputusan, serta kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek bersama-sama secara simultan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan mahasiswa T.A. 21/22 memilih kuliah di Politeknik Cendana, Medan.