Pengaruh E- Commerce Dan Financial Technology Terhadap Pendapatan Umkm Di Kabupaten Asahan
Keywords:
e-commerce, financial technology, pendapatan, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan fintec terhadap pendapatan UMKM di Kabupaten Asahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi adalah pelanggan yang datang membeli di toko roti pratama sebanyak 98 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Metode analisis menggunakan analisis Deskriptif, Uji Regresi, Uji T, dan Uji F. Hasil analisis regresi regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi : Y = 1,421 + 0,372X1 + 0,323X2 + e. Dari persamaan tersebut terlihat bahwa kedua variabel yang diteliti yaitu e-commerce (X1) dan fintech (X2) berpengaruh terhadap pendapatan UMKM. Berdasrakan analisis korelasi determinasi (R Square), sebesar 0,395. Hal ini berarti bahwa faktor–faktor e-commerce dan fintec terhadap pendapatan dapat menunjukkan pengaruh sebesar 39,5 %. Sementara pengaruh sebesar 60,5% disebabkan oleh variabel–variabel lain diluar model ini. Pengolahan data menggunakan alat bantu statistik SPSS dengan model analisis regresi linear berganda.