Analisis Peningkatan Pemasaran Online Pariwisata Berkelanjutan Menggunakan Google My Business (GMB) (Studi Kasus UMKM di Kelurahan Kampung Baru Kota Medan)
Keywords:
Google My Business, Pemasaran Digital, UMKMAbstract
Peningkatan penggunaan internet dan perubahan perilaku konsumen telah mendorong perusahaan, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk meningkatkan kehadiran mereka secara digital. Google My Business (GMB) adalah salah satu alat yang dapat digunakan oleh UMKM untuk mengoptimalkan pemasaran digital mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak visibilitas bisnis UMKM secara online dengan memanfaatkan aplikasi GMB melalui Pengabdian yang dilakukan dilakukan dengan cara pendampingan atau secara langsung mendatangi 15 UMKM yang berada di kelurahan Kampung Baru, Kota Medan untuk menggunakan dan mengaktifkan GMB mereka. Penelitian ini juga akan mengukur dampak keberhasilan GMB dengan mengetahui Visibilitas atau penayangan yang mereka dapat melalaui aplikasi GMB. Hasil penelitian ini menemukan bahwa aplikasi GMB dapat membantu secara signifikan pemasaran online mereka dengan yang terbanyak mendapat 137 penayangan dan terkecil adalah 5 penayangan dalam jangka waktu 7 hari. Dalam profitabilitas yang lain didapatkan juga, customer dapat dengan mudah menemuka usaha mereka secara online.