Membangun Sistem dan Implementasi Survei Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pada Klinik Prima Medica Nusantara Berbasis Web
Keywords:
Pelayanan, Formulir, WebAbstract
Salah satu faktor keberhasilan dari perusahaan pada bidang pelayanan jasa ditentukan dari mutu pelayanan yang diberikan, Klinik Prima Medica Nusantara dapat mengidentifikasi kepuasan pelanggan tentunya dengan melakukan survei mutu pelayanan yang diberikan kepada pasien. Berdasarkan dari observasi dan wawancara Klinik Prima Medica Nusantara sudah ada formulir kuesioner survei menggunakan aplikasi G-form dari BPJS Kesehatan namun tidak merepresentasikan dari perusahaan atau Klinik Prima Medica Nusantara. sehingga menyebabkan kurang maksimalnya pengelolaan informasi yang diterima untuk menjadi bahan evaluasi mutu pelayanan dan dapat berdampak negatif berupa berkurangnya kapitasi yang menjadi salah satu indikator pendapatan dari Klinik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Membangun Sistem dan Implementasi Survei Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pada Klinik Prima Medica Nusantara berbasis Web dimana dalam pengembangannya menggunakan metode object oreinted yaitu System Development Life Cycle Waterfall tahap perencanaan, analis sistem, design sistem , implementasi dan pengujian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan studi pustaka, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk menampilkan formulir kuesioner survei pelayanan rawat jalan dengan memfasilitasi pasien dalam proses pengisian formulir berbasis web sehingga pasien bisa mengisi secara transparan tanpa ada batasan waktu dan ruang dimana dan kapan saja