Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di PT. Solusi Bangun Andalas, Medan

Authors

  • Sancai Sancai Politeknik Cendana
  • Susanto Susanto Politeknik Cendana
  • Tasik Utama Politeknik Cendana

Keywords:

Kualitas Produk, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

PT Solusi Bangun Andalas merupakan salah satu produsen semen di Indonesia dengan kapastitas produksi saat ini sebesar 1,6 juta ton per tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh simultan Kualitas Produk, Promosi dan harga terhadap Keputusan Pembelian di PT. Solusi Bangun Andalas Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 konsumen yang melakukan pembelian pada bulan Maret 2023 dan dengan menggunakan rumus slovin mendapatkan sampel sebanyak 50 responden. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji koefisien determinasi diperoleh Nilai Adjusted R Square sebesar 0,612 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk, Promosi, dan Harga sebesar 61,2% sedangkan sisanya 38,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti citra merek dan kualitas pelayanan. Berdasarkan uji parsial memiliki kesimpulan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji simultan memiliki kesimpulan kualitas produk, promosi dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian

Downloads

Published

2024-07-01