Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Fortunate Coffee Cemara Asri Deli Serdang
Keywords:
Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Fortunate Coffee Cemara Asri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kuantitatif untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Indikator dari Citra Merek adalah brand strength, brand favorable dan brand uniqueness. Indikator dari Kualitas Pelayanan adalah keandalan, kesadaran, perhatian dan ketepatan. Indikator dari Loyalitas Pelanggan adalah melakuka pembelian ulang, merekomendasikan kepada orang lain, setia kepada produk atau merek tertentu, membicarakan hal-hal yang positif terhadap produk yang dibeli. Pengambilan sampel menggunakan incidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Hasil uji normalitas penelitian ini adalah sebesar 0.200 dan lebih besar dari standar signifikansi yaitu 0.0. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan adanya hubungan atau pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan yaitu sebesar 49,922%. Hasil uji regresi linier berganda menghasilkan persamaan model regresi Y = 12,884 + 0.301X1 + 0.389X2 yang artinya setiap pertambahan satu satuan citra merek dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 0.301 kali dan setiap pertambahan satu satuan kualitas pelayanan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 0.389 kali. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.001 lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Citra Merek dan Kualitas Pelayanan memberikan pengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan.