Analisis Pengaruh Citra Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Siswa Di Sekolah Dr. Wahidin Sh Medan

Authors

  • Shindi Shindi Politeknik Cendana
  • Dewi Anggraini Politeknik Cendana
  • Elserra Siemin Ciamas Politeknik Cendana

Keywords:

Citra, Kualitas Layanan, Kepuasan Siswa

Abstract

Sekolah merupakan pihak yang memberikan pelayanan pendidikan sepantasnya wajib memberikan pelayanan yang profesional sehingga menciptakan kepuasan peserta didik. Siswa yang puas akan pelayanan pihak sekolah tentu menjadi alasan yang besar atas kemajuan dan baiknya citra yang digenggam sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra dan kualitas layanan terhadap kepuasan siswa, baik secara parsial atau simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantiatif asosiatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner. Jumlah responden / sampel yang diambil adalah sebanyak 71 siswa dari jumlah populasi 245 siswa kelas XII T.A 2023/2024 dengan rumus slovin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Citra secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Siswa di sekolah Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan, Kualitas Layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Siswa di sekolah Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan, Citra dan Kualitas Layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Siswa di sekolah Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengujian koefisien determinasi atau R square menunjukkan nilai persentase sebesar 50,2% yang artinya variabel Kepuasan Siswa dipengaruhi oleh 50,2% Citra dan Kualitas Layanan, sedangkan 40,8% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2024-07-01