Aspek Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Loyalitas Mahasiswa Menyelesaikan Studi di Politeknik Cendana
Keywords:
Pembelajaran, Kualias Pelayanan, Loyalitas PelangganAbstract
Loyalitas mahasiswa adalah kunci utama bagi suatu insititusi pendidikan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Dengan memahami pengaruh pembelajaran dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa, perguruan tinggi dapat mengembangkan strategi yang lebih baik untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh pembelajaran dan kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan loyalitas mahasiswa menyelesaikan studi di Politeknik Cendana. Penilitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan pengambilan sampel sebanyak 49 mahasiswa aktif Politeknik Cendana Angkatan 2020 Tahun Ajaran 2023 – 2024. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pembelajaran dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa baik secara parsial maupun secara simultan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linear, yaitu pengaruh pembelajaran terhadap loyalitas mahasiswa sebesar 79.2%, pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa juga sebesar 79.2%, dan pengaruh pembelajaran dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa secara simultan sebesar 81.9%. Kemudian hasil uji T menunjukkan bahwa nilai Thitung variabel pembelajaran 2.999 dan variabel kualitas pelayanan 3.034 > dari nilai Ttabel 1.30023. Hasil uji F juga menunjukkan bahwa nilai Fhitung 109.508 > dari nilai Ftabel 2.42. Dengan tingginya pengaruh simultan dan parsial aspek kedua variabel, maka Politeknik Cendana diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran dan kualitas pelayanan untuk meningkatkan loyalitas mahasiswa menyelesaikan studi.