Pengaruh Kualitas Pelayanan, E- Service Quality Dan Fasilitas Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Politeknik Cendana
Keywords:
Kualitas Pelayanan, E-Service Quality, Fasilitas Kampus, Kepuasan MahasiswaAbstract
Kepuasan mahasiswa memegang peranan yang sangat penting bagi perguruan tinggi untuk mempertahankan eksistensi dan perkembangannya. Dengan mahasiswa yang merasa puas, pengalaman kuliah mereka cenderung memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk menyelesaikan studi mereka dengan baik, dan merekomendasikan institusi kepada calon mahasiswa di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, e-service quality dan fasilitas kampus dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa di Politeknik Cendana. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh, dengan pengambilan sampel sebanyak 92 orang mahasiswa/i Politeknik Cendana tahun 2020. Pengaruh kualitas pelayanan, e-service quality dan fasilitas kampus terhadap kepuasan mahasiswa dapat dilihat dari uji regresi linier berganda yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, e-service quality dan fasilitas kampus memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Politeknik Cendana. Hasil uji koefisien determinasi Adjusted R Square yaitu sebesar 68,4% yang menunjukkan bahwa sebesar 68,4% variabel kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, e-service quality dan fasilitas kampus secara bersamaan. Hasil uji hipotesis pada uji T terdapat nilai t hitung pada variabel kualitas pelayanan 3,254, nilai t hitung variabel e-service quality 2,867, dan nilai t hitung variabel fasilitas kampus 2,056 ketiganya > t tabel 1,662, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan, e-service quality dan fasilitas kampus terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil uji F terdapat nilai F hitung 66,731 yang bernilai melebihi F tabel 2,71, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan, e-service quality, dan fasilitas kampus secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa. Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah agar lebih cermat dalam memberi solusi untuk menyelesaikan masalah yang ditanya oleh mahasiswa, lebih cepat dan tepat dalam merespon serta menyelesaikan masalah yang ditujukan oleh mahasiswa, dan agar dapat memastikan pendingin ruangan yang ada pada setiap ruangan dapat berfungsi dengan baik sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran yang sedang berlangsung.