Dampak Dukungan Manajemen Puncak, Motivasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan Os (Outsourcing) PT. PLN (PERSERO) ULP (Unit Pelayanan Pelanggan) Medan Selatan

Authors

  • Muhammad Fauzan Azhmy Universitas Harapan
  • Pitono Pitono Universitas Harapan
  • Friska Tri Sakila Universitas Harapan

Keywords:

Dukungan Manajemen Puncak, Motivasi Kerja, Teknologi Informasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. PLN ULP Medan Selatan yang bergerak di bidang penyediaan listrik bagi
kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh dukungan manajemen puncak,
motivasi kerja dan teknologi informasi terhadap kinerja karyawan. Populasi adalah karyawan outsourcing
yang bekerja di perusahaan sebanyak 95 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh
sehingga jumlah sampel sebanyak 95 responden. Sumber data menggunakan data primer dan pengumpulan
data dengan survei yaitu memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data menggunakan uji
kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan
bahwa secara parsial dukungan manajemen puncak dan teknologi informasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan outsourcing, sedangkan motivasi kerja berpengaruh positif tetapi tidak
signifikan terhadap kinerja karyawan outsourcing di PT. PLN ULP Medan Selatan. Secara simultan dukungan
manajemen puncak, motivasi kerja dan teknologi informasi serempak berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja karyawan outsourcing di PT. PLN ULP Medan Korelasi antara dukungan manajemen
puncak, motivasi kerja dan teknologi informasi sangat kuat terhadap kinerja karyawan outsourcing pada PT.
PLN ULP Medan Selatan. Besarnya persentase kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh dukungan manajemen
puncak, motivasi dan teknologi informasi sebesar 72,4% dan sisanya 27,6% dapat dijelaskan oleh variabel
lain yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2022-07-07

Issue

Section

Articles