Pemanfaatan Marketplace Facebook dan Shopee Sebagai Media Pemasaran Pada Masa Covid 19 dan Omicron (studi kasus : Ibu-Ibu PKK di Desa Langau Seprang)

Authors

  • Putri Amelia Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Putri Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Rabiah Anggraini Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Tria Parwati Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Novia Ramadani Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

Keywords:

Marketplace Facebook, Shopee, Ibu-ibu PKK, Pemasaran Online

Abstract

Manfaat internet ini sangat terasa saat dunia di hebohkan dengan pandemi covid-19 dan
Omicron ini. Pandemi ini sangat memengaruhi perkembangan ekonomi di Indonesia. Media
sosial memberikan peranan sebagai media penghubung informasi dan komunikasi antara
penjual dengan pembeli, selain itu media sosail memiliki potensi untuk menemukan
konsumen serta membangun image tentang merk suatu produk. Proses jual beli yang
dilakukan melalui internet dikenal dengan ecommerce atau electronic commerce.
Marketplace Facebook dan Shopee yang digunakan untuk pengabdian kepada masyarakat
ini adalah sebagai media pemasaran pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perkembangan media sosial, peranan media sosial sebagai upaya pemasaran
bisnis online, motivasi bisnis para ibu-ibu PKK. Metode yang diterapkan dalam kegiatan
pengabdian kepada masyarakat meliputi 3 tahap yaitu: Pada tahap pertama yaitu
penyuluhan, tahap kedua yaitu Focus Grup Discussion (FGD), dan tahap ketiga yaitu
pendampingan. Hasil dari penelitian ini adalah agar nantinya ibu-ibu PKK dapat lebih
mengoptimalkan penggunaan digital teknologi informasi dari perangkat mobile yang
dimiliki untuk lebih mengoptimalkan kegiatan usaha yang dilakukan. Sehingga dengan
memanfaatkan digital teknologi informasi tersebut diharapkan kegiatan usaha yang
dilakukan mampu meningkatkan keuntungan, pangsa pasar yang semakin meluas, dan biaya
pemasaran yang dapat diminimalkan.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles