Inovasi Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Menjadi Guci Hias
Keywords:
cangkang Kerang, Business, Kepuasan Pelanggan, Brand Equity, MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dalam bidang kerajinan, sosial dan ekonomi dalam bentuk usaha. Usaha yang dijalankan adalah bentuk produk kerajinan yaitu inovasi pemanfaatan kulit kerang menjadi guci yang unik dan bernilai tinggi. Guci cangkang kerang memiliki desain yang menarik, berbeda dari yang lain, dan tentunya sangat cocok untuk dipajang dan digunakan sebagai dekorasi interior rumah, kantor, rooftop dan lain-lain. Jenis bahan utama yang akan digunakan adalah cangkang kerang yang mudah didapat atau sehingga limbahnya dapat diubah menjadi limbah yang layak dan bernilai ekonomis. Gambaran dari usaha ini adalah respon yang dimiliki masyarakat lebih mementingkan sesuatu yang berbeda dan original dari kebanyakan orang, khususnya di bidang dekorasi. Ide inovasi guci dari cangkang kerang memiliki tujuan untuk mengurangi limbah kerang dan menambah wawasan kepada masyarakat, bahwa cangkang kerang bukan hanya sampah tetapi bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hasil inovasi produk guci cangkang kerang ini bernama “CIMES” yang merupakan singkatan dari nama pemberi ide untuk produk ini. Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan, demonstrasi, pelatihan dan pembinaan dalam pengembangan limbah kerang sebagai peluang usaha. Kegiatan pelatihan ini berhasil karena antusiasme peserta yang begitu besar dalam menekuni seni kerajinan kerang. Menjual produk kerajinan berbahan dasar kerang laut menjadi keuntungan tersendiri, karena kerang laut ini mudah didapat dan harganya relatif murah. Selain itu, persaingan dalam bisnis penjualan produk berbahan dasar laut ini tidak terlalu banyak.