Strategi Kebangkitan UMKM dengan Penerapan Peramalan Penjualan Metode Time Series Moment

Authors

  • Sindi Oktapia Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Muliyani Muliyani Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

Keywords:

Time series moment, prediksi penjualan, UMKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan prediksi/ peramalan penjualan pada UMKM
Peb_a Collection dengan metode Time Series Moment. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dimana data diperoleh berdasarkan wawancara, observasi dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan tunik pada tahun 2021 adalah sebesar 414 Unit, penjualan sandal 325 Unit, dan penjualan masker sebesar 533 unit. Dengan tersedianya peramalan/ prediksi penjualan diharapkan Peb_a Collection mampu mengambil keputusan bisnis yang lebih baik. Seperti penetapan belanja barang dan penentuan stok barang. Dengan demikian potensi penjualan dapat dicapai secara maksimal.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles