Penerapan Analisis Tren Time Series Moment Dalam Penentuan Anggaran Penjualan Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM PD.Parfume

Authors

  • Pernando Sitohang Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Muliyani Muliyani Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Donna Siahaan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

Keywords:

Peramalan Penjualan, Anggaran Penjualan, Time series moment, UMKM

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membantu UMKM P&D Parfum dalam menentukan proyeksi/peramalan penjualan tahun 2021 berdasarkan data penjualan parfum pada periode 2016-2020. Metode peramalan time series digunakan sebagai metode prediksi kuantiti produk yang akan dipasarkan pada 2020. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif berdasarkan observasi dan wawancara ke UMKM P&D. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan data penjualan parfum selama kurun waktu lima tahun, didapati bahwa penjualan PD.PARFUME pada tahun 2021 dengan wilayam pemasaran medan dan wilayah batam diprediksi sebesar 3.684 botol. dengan rincian parfum jenis Selena Gomes sebanyak 1.842 botol, Jenis vanila coklat sebanyak1.105 botol dan rincian parfum jenis hugo bost 737 botolseterusnya. Berdasarkan pembagian zona pemasaran, hasil perhitungan
memprediksi jumlah penjualan di wilayah medan sebanyak 2.456 botol dan prediksi jumlah penjualan di wilayah batam sebanyak 1.228 botol Tersedianya data prediksi penjualan pada UMKM PD Parfum memungkinkan PD Parfum melakukan penyusunan anggaran penjualan dengan lebih akurat, lebih proporsional dalam pembelian bahan baku dan lebih mudah dalam perencanaan laba. Diharapkan adanya peramlam penjualan ini menjadi slah satu strategi bagi UMKM PD Parfum untuk bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi Covid - 19.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles