Pengaruh Word of Mouth dan Positioning Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Ayo Deal Indonesia Medan

Authors

  • Ihdina Gustina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Teresa Teresa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya

Keywords:

Word of Mouth, Positioning, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth terhadap Loyalitas
Konsumen pada PT. Ayo Deal Indonesia, mengetahui pengaruh Positioning terhadap
Loyalitas Konsumen pada PT. Ayo Deal Indonesia, mengetahui pengaruh Word of Mouth dan
Positioning terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Ayo Deal Indonesia. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian pada PT. Ayo Deal
dengan jumlah populasinya yaitu 6.279 orang pertahun. Dengan menggunakan rumus Slovin
dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 376 responden. Hasil
penelitian menunjukkan Word of Mouth dan Positioning secara parsial berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen konsumen PT. Ayo Deal Indonesia. Hasil
penelitian menunjukkan Word of Mouth dan Positioning secara simultan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen konsumen PT. Ayo Deal Indonesia. Hasil
penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) yang artinya bahwa Word of Mouth dan
Positioning mempunyai pengaruh terhadap Loyalitas Konsumen. Sedangkan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti iklan,
potongan harga, keragaman produk, kepuasan konsumen, pelayanan, distribusi dan berbagai
variabel lainnya.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles