Pengaruh Pemasaran Dan Pengetahuan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Menggunakan Jasa PT. Jaya Harapan Tour Medan
Keywords:
Pemasaran, Pengetahuan Produk, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Pemasaran dan Pengetahuan Produk terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Jaya Harapan Tour Medan. Populasinya adalah pelanggan dari PT. Jaya Harapan Tour Medan sebanyak 2,809 responden. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin berjumlah 97 responden. Metode penelitian menggunakan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan yang dilakukan secara sistematik. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan
permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil dari uji t menunjukkan bahwa Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Jaya Harapan Tour Medan. Pengetahuan Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Jaya Harapan Tour Medan. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Pemasaran dan Pengetahuan Produk secara serempak berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Jaya Harapan Tour Medan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa Loyalitas Konsumen pada PT. Jaya Harapan Tour Medan dipengaruhi oleh variabel Pemasaran dan Pengetahuan Produk.