Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pada JNE Wahidin

Authors

  • Pesta Gultom Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Susanto Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya

Keywords:

Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya variabel Harga, Promosi, dan Kualitas
Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa pada JNE Wahidin. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah menggunakan Jasa JNE Wahidin
yang jumlahnya tidak dapat ditentukan dengan pasti. Ukuran sampel digunakan dengan
menggunakan teori Hair, at al yang jumlahnya sebanyak 100 responden. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Peneliti
menentukan kriteria sampel yang dituju yaitu konsumen yang melakukan pembelian jasa
JNE Wahidin lebih dari 1 kali. Skala pengukuran yang digunakan yaitu ordinal dengan skala
likert. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji
realibilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis uji t dan Uji F
dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, dan
secara simultan variabel Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap
Keputusan Pembelian Jasa JNE Wahidin. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Parsial (Uji t), dan
hasil uji simultan (Uji F), dan pengaruhnya sebesar 49% hal ini dibuktikan dari uji
determinasi.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles