Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Dan Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Buah Pada Toko Ahafruit
Keywords:
Persepsi Kualitas, Country of Origin, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aha Fruit, mengetahui pengaruh Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aha Fruit, mengetahui pengaruh Persepsi Kualitas dan Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aha Fruit. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko selama periode 2019 sebanyak 9.129 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 1,238 + 0,290 Persepsi Kualitas Produk + 0,384 Country of Origin + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Kualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aha Fruit berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 3,145 > ttabel 1,660. Hasil
analisis menunjukkan Country of Origin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aha Fruit berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 7,315 > ttabel 1,660. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Kualitas dan Country of Origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aha Fruit berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 34,665 > Ftabel 2,36. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2 ) = 0,419 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Persepsi Kualitas Produk dan Country of Origin sebesar 41,9% sedangkan sisanya 58,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, diskon, komunikasi dan berbagai variabel lainnya.