Pengaruh Personal Selling Dan Ketersediaan Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Kurniaputra Mandiri Cabang Siak
Keywords:
Personal Selling, Ketersediaan Produk, Volume PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Personal Selling, Ketersediaan Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Kurniaputra Mandiri Cabang Siak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dari PT. Kurniaputra Mandiri Cabang Siak sebanyak 1.143 konsumen. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus slovin dan berjumlah sebanyak 92 responden. Metode penelitian yang digunakan
yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi. Volume Penjualan = 1,020 + 0,396 Personal Selling + 0,497 Ketersediaan Produk + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Personal Selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Kurniaputra Mandiri Cabang Siak, dimana thitung 3,470 > ttabel 1,662. Variabel Ketersediaan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Kurniaputra Mandiri Cabang Siak, dimana thitung 4,434 > ttabel 1,662. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 35,533 > Ftabel 2,36 yang berarti variabel bebas yaitu Personal Selling, dan Ketersediaan Produk secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Volume Penjualan pada PT. Kurniaputra Mandiri Cabang Siak. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 44,4% variabel Volume Penjualan pada PT. Kurniaputra Mandiri Cabang Siak dipengaruhi oleh variabel Personal Selling dan Ketersediaan Produk, sedangkan sisanya sebesar 55,6% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Public Relation, Iklan dan Brand Experience yang tidak dibahas di dalam penelitian ini.