Pengaruh Sikap Konsumen dan Pemasaran Relasional Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk CV.Sejahterah Aluminium
Keywords:
Sikap Konsumen, Pemasaran Relasional, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Sikap Konsumen dan Pemasaran Relasional terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sejahtera Aluminium. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari CV. Sejahtera Aluminium sebanyak 6.340 responden. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dan berjumlah 98 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil dari uji t menunjukkan bahwa Sikap Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sejahtera Aluminium. Pemasaran Relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sejahtera Aluminium. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Sikap Konsumen dan Pemasaran Relasional secara serempak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sejahtera Aluminium. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa Keputusan Pembelian pada CV. Sejahtera Aluminium dipengaruhi oleh variabel Sikap Konsumen dan Pemasaran
Relasional.