Peran Kemampuan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Confidence Pasar Internasional dalam Penjualan Produk Lokal pada UMKM Sumatera Utara
Keywords:
Bahasa Inggris, Confidence Pasar Internasional, PenjualanAbstract
Penelitian ini membahasa tentang peran kemampuan bahasa inggris untuk meningkatkan
confidence pasar internasional dalam penjualan produk lokal pada UMKM Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kemampuan bahasa inggris untuk meningkatkan confidence pasar internasional dalam penjualan produk lokal pada UMKM Sumatera Utara. Bahasa inggris sangat berkaitan erat dengan peningkatan confidence pasar internasional dalam penjualan produk lokal pada UMKM Sumatera Utara. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis oleh Miles, Huberman dan Saldana (2014) dimana jenis penelitian ini yaitu interaktif model dengan menggunakan data condensation, data display dan verification and conclusion.
Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data yang telah dianalisis. Objek dari penelitian ini yaitu para UMKM Sumatera Utara dengan mengajukan wawancara secara terstruktur. Hasil dari penelitian ini yaitu peran bahasa inggris sangat penting untuk meningkatkan pasar internasional dalam penjualan produk lokal UMKM Sumatera Utara. Sebagian besar para UMKM tidak mampu menggunakan bahasa inggris dan mendapatkan kesulitan pada saat berkomunikasi dengan pembeli luar negeri dan para UMKM kurang mengikuti pelatihan bahasa inggris, para UMKM hanya menghandalkan google translate untuk berkomunikasi dengan orang luar negeri.