Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Usaha Es Kelapa Muda Pendawa di Deli Serdang

Authors

  • Khopipa Okta Wulandari Nasution Politeknik LP3I Medan
  • Asri Sanusi Politeknik LP3I Medan

Keywords:

UKM, SWOT, QSPM

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah adalah sektor yang diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang memberikan dampak positif dalam perekonomian di Indonesia. Analisis SWOT menunjukkan peringkat strategi QSPM. Penjualan ES kelapa Muda Pendawa di Deli Serdang merupakan Jenis Usaha UKM. Menurut penelitian sebelumnya analisis SWOT menghasilkan beberapa strategi yaitu meningkatkan strategi penjualan, menetapkan strategi baru yang lebih efisien, meningkatkan kualitas produk serta meminimalisir efisiensi biaya
produk dan mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Pada umumnya persaingan dalam penjualan Es Kelapa Muda Pendawa di Deli Serdang sangat sedikit penjualnya hal itu disebabkan oleh minimnya masyarakat dalam mengembangkan kreativitas dan inovasinya bahwa buah kelapa juga bisa dijadikan sebuah minuman yang lezat untuk dinikmati ditambah varian dalam proses pembuatan Es Kelapa Muda Pendawa di Deli Serdang tersebut. Maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah dengan menggunakan analisis strategi SWOT untuk dapat mengembangkan dan penelitian ini.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles