Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Dipo Internasional Pahala Otomotif Medan
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, PT. DipoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen. Fenomena yang terjadi pada saat ini pada PT. Dipo Internasional Pahala Otomotif Medan adalah system jaringan aplikasi yang tidak memadai sehingga akan membuang waktu dalam bekerja, seringnya kehilangan barang pada gudang sehingga stock barang yang dijual akan berkurang, serta lamanya proses pengiriman barang sehingga konsumen akan menunggu beberapa hari untuk menerima barang yang diinginkan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Sumber data yang digunakan adalah internal dan eksternal. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan kuesioner. Teknik analisis data ialah statistik kuantitatif. Berdasarkan hasil regresi linear sederhana adalah nilai Y = 2,947 + 1,358 (X) dapat disimpulkan jika nilai X (Kualitas Pelayanan) naik sebesar 1 tingkat maka kepuasan naik sebesar 4,305 dan apabila tidak ada variabel X maka tingkat kepuasan Constant 2,947. Sedangkan berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh angka R² (R Square) sebesar 0,623 atau (6,23%). Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 6,23% Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan sisanya (100% - 6,23% = 93,7%) dipengaruhi oleh faktor lain dari luar penelitian