Pengambilan Keputusan Penentuan Perusahaan Pengiriman Barang Menerapkan Metode WASPAS

Authors

  • Nurmayana Sari Universitas Budi Darma
  • Restu Riadi Universitas Budi Darma
  • Nelly Astuti Hasibuan Universitas Budi Darma

Keywords:

Jasa, WASPAS

Abstract

Pengguna internet menjadi semakin meningkat khususnya pada pembelian barang melalui online. Pembelian barang dilakukan secara online dengan memanfaatkan jasa perusahaan pengiriman produk. Terdapat beberapa pilihan perusahaan yang beroperasi dibidang jasa pengiriman barang (ekspedisi/logistik) seperti Titipan Kilat (TIKI), JNE, J&T serta perusahaan yang merupakan BUMN yaitu PT. Pos Indonesia. Perusahaan tersebut menawarkan berbagai alternatif kepada pengguna layanan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengguna jasa saat menentukan jasa pengiriman barang antara lain: estimasi pengiriman, harga pengiriman, pelayanan dan reputasi perusahaan. Sistem pendukung keputusan dibangun untuk memudahkan pengguna dalam menentukan perusahaan jasa pengiriman barang sebagai mitra kerjasama dengan penerapan Weighted Aggregated Sum Product Assesment Method (WASPAS). Aplikasi penentuan perusahaan jasa pengiriman barang dapat dilakukan dengan obyektif. 

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles