Pengaruh Pelayanan Publik, Disiplin Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Kota Lubuklinggau
Keywords:
Pelayanan Publik, Disiplin, Lingkungan Kerja, Kepuasan MasyarakatAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Publik, Disiplin dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat khususnya pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lubuklinggau, baik secara parsial maupunsimultan. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang datang atau menerima pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lubuklinggau yang berjumlah sebanyak 83 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel Pelayanan Publik (X1) Disiplin (X2) dan Lingkungan Kerja (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lubuklinggau dimana t_(hitung )>t_(tabel )dan juga sig sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji Fhitung yang diperoleh adalah 44,015 > Ftabel = 3,11 dan tingkat kemaknaan secara simultan signifikansinya adalah 0,000 < (?) = 0,05 adalah sebesar 3,11 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. artinya menunjukan bahwa secara bersama-sama (simultan) yaitu pelayanan publik, disiplin dan lingkungan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat, jadi terbukti kebenarannya dan hipotesisnya dapat diterima.