Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Penjualan Menggunakan Metode
Keywords:
Naive Bayes Classifier, Data Mining PenjualanAbstract
Metode ini bekerja dalam himpunan data kemudian di ekstrak menjadi pengetahuan baru yang akan
digunakan untuk optimasi strategi pemasaran. Algoritma Naive Bayes Classifier juga bekerja dalam tipe data
numerik yang dapat memudahkan dalam proses analisa. Proses pada metode ini yaitu proses analisa pola
data penjualan yang telah ada sebelumnya (Learning Phase) berdasarkan atribut – atribut yaitu jenis, waktu,
ukuran yang diujikan dan proses dari analisis. Penelitian ini menghasilkan pengetahuan baru. Selain hal
tersebut dari proses analisis dengan metode Naive Bayes Classifier yaitu menghasilkan pola penjualan
berdasarkan atribut-atribut yang telah ditentukan. Hasil dari proses analisis ini akan digunakan untuk
kepentingan perusahaan dalam upaya optimasi strategi pemasaran. Pengetahuan baru ini juga dapat
memberikan informasi penting seperti hasil prediksi minat pembeli yang dapat digunakan dalam efektivitas
dan efisiensi pemasaran dan peningkatan penjualan.