Strategi Manajemen Unggul Dalam Mengelola Human Capital Management Untuk Meningkatkan Kinerja Pendidikan

Authors

  • Cantika Dwi Salma Universitas Pembangunan Panca Budi
  • M.Chaerul Rizky Universitas Pembangunan Panca Budi

Keywords:

Strategi Manajemen, Human Capital Management, Kinerja Pendidikan

Abstract

Studi ini menyelidiki bagaimana menerapkan Strategi Manajemen Unggul dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat meningkatkan kinerja akademik di institusi pendidikan. Penelitian ini menekankan elemen strategis seperti manajemen kinerja guru, perencanaan, rekrutmen, dan pelatihan. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan strategi manajemen unggul membantu mencapai tujuan pendidikan dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Selain itu, ditemukan bahwa keberhasilan strategi ini bergantung pada kolaborasi antara pengajar, staf manajemen, dan pihak berkepentingan eksternal. Studi ini memberikan pedoman praktis bagi institusi pendidikan untuk memasukkan strategi manajemen yang efektif sebagai bagian penting dari upaya mereka untuk meningkatkan kinerja pendidikan secara keseluruhan.

References

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah ibtidaiyah. Jurnal Isema: Islamic Education Management, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037

Aji, G., Khoiriamal, G., Munawaroh, U., Maghfirotuzzahro, F., & Zahra, M. A. (2023). Implementasi Manajemen Strategik pada Bidang Pendidikan dalam Perspektif Sumber Daya Manusia, Operasional, Anggaran, dan Administrasi. Riset Manajemen Dan Ekonomi, 1, 168–184.

Amin, M. M. (2016). Membangun pribadi berbudi pekerti. Yogyakarta: Calpulis.

Ansory, H. A. F., & Indrasari, M. (2018). Manajemen sumber daya manusia dan motivasi. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen strategik pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), 515–523. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197

Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29

David, F. R., & David, F. R. (2015). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts, and cases (15th ed.). Pearson Education.

Gaol, J. L. (2014). Human capital manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Irani, U., Murniati, A. R., & Khairuddin. (2014). Implementasi manajemen strategik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pada SMAN 10 Fajar Harapan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(2), 58–70. https://doi.org/10.12345/jap.v4n2.12345

Kasmawati, Y. (2017). Human capital dan kinerja karyawan: Suatu tinjauan teoritis. Journal of Applied Business and Economics, 3(4), 265–280.

Kusumaningrum, H., Ulwan, M. N., Nagip, A. S., & Mohammad, R. (2024). Penerapan manajemen strategis sebagai upaya optimalisasi sumber daya manusia di dunia pendidikan. EDUMANAGERIAL: Journal of Islamic Education Management, 3(1), 1-15. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial

Labola, Y. A. (2019). Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat dan Ketahanan dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7 (1), 27–35. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2760

Mankiw, G. N. (2003). Teori makro ekonomi (Terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Musnaeni, Abidin, S., & Purnamawati. (2022). Pentingnya manajemen strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.116

Nasukah, B. (2018). Urgensi dan prinsip penerapan pendekatan manajemen sumber daya manusia strategis pada institusi pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna, 3(1), 51–81.

Odden, A. R. (2011). Strategic management of technology (1st ed.). New York: Taylor and Francis.

Prasojo, L. D., Mukminin, A., & Mahmudah, F. N. (2017). Manajemen strategi human capital dalam pendidikan (Edisi pertama). Yogyakarta: UNY Press.

Ramdani, M. (2023). Penerapan manajemen strategik dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 15-24. https://doi.org/10.36671/andragogi.v5i01.448

Rizky, M. C., Ardian, N., & Sirait, E. (2024). Analysis of the impact of training and development on increasing community capability in human resource management in Kwala Serapuh Village, Langkat District. In Proceedings of The 1st Annual Dharmawangsa International Conference (pp. 812-824). P. ISSN: 2808-859X; E. ISSN: 2809-0853.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Tahar, A., Setiadi, P. B., Rahayu, S., Stie, M. M., & Surabaya, M. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12381. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4428

Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019). Manajemen sumberdaya pendidik dan tenaga kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Winardi, S. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yuliyati, E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management di SMK Muhammadiyah Prambanan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 24–35. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.967

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Cantika Dwi Salma, & M.Chaerul Rizky. (2024). Strategi Manajemen Unggul Dalam Mengelola Human Capital Management Untuk Meningkatkan Kinerja Pendidikan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(3), 55-69. Retrieved from https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman/article/view/776

Issue

Section

Articles