Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan

Authors

  • Siti Imaniatul Muflihatin Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Permata Bojonegoro
  • Nursamsi Nursamsi Program studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Permata Bojonegoro
  • M Khoirul Muttaqin Program studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Permata Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.35126/ilman.v9i2.75

Keywords:

Strategi pemasaran, swot, peningkatan jumlah nasabah

Abstract

strategi pemasaran tertuang dalam empat posisi marketing mix, yaitu strategi harga (price), strategi promosi (promotion), strategi tempat (place), strategi produk (product). Keempat dimensi ini bersifat saling berkaitan satu sama lainnya. Dengan begitu suatu pola marketing yang baik adalah bersifat bergerak secara seimbang dan dengan keseimbangan tersebut kekuatan marketing akan muncul secara jangka panjang.  Sebagai salah satu perbankan, Bank Daerah Lamongan sebagai Lembaga Keuangan mempunyai strategi produk dalam Penghimpunan Dana, salah satunya adalah Tabungan dengan akad wadi’ah. Tabungan (saving deposit) merupakan jenis simpanan yang sangat popular di lapisan masyarakat Indonesia mulai dari masyarakat kota hingga masyarakat di pedesaan.    Dari hasil faktor internal (IFAS) dan faktor eksternal (EFAS), maka dapat dirinci nilai skor sebagai berikut: Kekuatan (Strenght) memiliki total nilai skor 2,48, Kelemahan (Weakness) memiliki total nilai skor 0,6, Peluang (Opportunities) memiliki total nilai skor 2,5, dan Ancaman (Threath) memiliki total nilai 0,65. Maka dapat diketahui skor Kekuatan (Strenght) diatas Kelemahan (Weakness) selisih  (+) 1,88. Sedangkan nilai skor Peluang (Opportunity) diatas Ancaman (Threath) selisih (+) 1,85. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan telah berada pada jalur yang tepat dengan terus melakukan strategi agresif guna meningkatkan jumlah nasabah SIMPEL. Berdasarkan hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang tepat yang dapat digunakan strategi S-O diantaranya meningkatkan pengembangan produk kepada konsumen agar merasa puas, meningkatkan pelayanan kepada nasabah dengan memanfaatkan sistem jemput bola untuk meraih pasar potensial, memberikan informasi kepada nasabah mengenai pelayanan yang di berikan oleh PD. BPR. Bank Daerah Lamongan, memberikan informasi kepada nasabah mengenai simpanan pada tabungan simpel dijamin oleh lembaga penjamin simpanan (LPS) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

References

A Karim Adiwarman, 2014, Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada

Fitriliana Rina Utami, 2010, Strategi Pemasaran Produk Pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Surakarta, Tugas akhir keuangan dan perbankan, Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Ikatan Bankir Indonesia, 2015, Strategi Bisnis Bank Syariah, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Irham Fahmi, 2014, Manajemen Strategi Teori dan Praktek, Bandung: ALFABETA

Ismail, 2012, Perbankan Syariah, Jakarta:Kencana

Kasmir, 2013, Manajemen Perbankan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Kasmir, 2014, Pemasaran Bank, Jakarta:Kencana

Muhammad, 2012, Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta:Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Muhammad, 2014, Manajemen Dana Bank Syariah, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Syafi”i Muhammad Antonio, 2012, Bank Syariah Dari Teori ke Praktek, Jakarta: Gema Insani

Tjiptono Fandy, 2012, Strategi Pemasaran, Yogyakarta:ANDI

Tjiptono Fandy, 2014, Pemasaran Jasa, Malang:Bayumedia Publishing

Wiroso, 2015, Penghimpun Dana dan Hasil Usaha Bank Syariah, Jakarta: PT. Grasind

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Muflihatin, S. I., Nursamsi, N., & Muttaqin, M. K. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 76-87. https://doi.org/10.35126/ilman.v9i2.75

Issue

Section

Articles