Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone

Authors

  • A Adrianto Universitas Terbuka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35126/ilman.v9i2.71

Keywords:

harga, keputusan pembelian, smartphone

Abstract

tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahuui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner dan wawancara langusng dengan pengguna smartphone. Selain data primer berupa kuesioner dan wawancara, penelitian ini juga menggunakan data sekunder berupa referensi yang berasal dari buku dan artikel yang publish di jurnal. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan pada mahasiswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 153 orang, dengan sampel terpilih sebanyak 111 orang. Variabel yang diamati dalam penelitian ini terdiri dari harga dan keputusan pembelian. Setelah kuesioner dibagikan pada responden, kemudian ditabulasi dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif menggunakan regresi linear sederhana dengan model persamaan: y=a+bx, data penelitian diolah dengan bantuan software SPSS. Pengujian hipotesisi dengan uji koefisien determinasi dan uji parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat harga yang semakin tinggi membuat mahasiswa akan mengambil keputusan yang lebih kuat untuk membeli smartphone.

References

Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 33–46.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haritza, D., & Sari, N. K. (2020). Citra merek produk smartphone xiaomi pada mahasiswa di kota makassar. Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review (MANOR), 2(2), 132–140.

Hidayat, R., Sinuhaji, E., Widyaningrum, M., Erdiansyah, & Adrianto. (2018). Factors that affect students decision to choose private universities in Medan City Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 17(6), 1–8.

Lubis, N., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan memilih jasa pengiriman. MBR (Management and Business Review), 5(1), 29–39.

Marsedes, I., M, A., & Haryati, R. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Creative Mobile Padang. Matua Jurnal, 3(2), 273–288. https://doi.org/10.1038/NATURE.2014.14583

Masrin, I., & Yanto, R. P. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 90–99. https://doi.org/10.32528/JSMBI.V9I1.2376

Septiani, S., & Prambudi, B. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone oppo. Journal of Management?: Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 153–168.

Supu, L. P., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh harga produk, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk smartphone samsung di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 919–928. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35083

Susanto, R. (2021). Pengaruh Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di Tangerang Selatan. JABE (Journal of Applied Business and Economics), 7(4), 450–457. https://doi.org/10.30998/JABE.V7I4.10038

Triadi, S., Rahayu, Y., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian handphone. JURNAL MANAJEMEN, 13(2), 257–263. https://doi.org/10.29264/JMMN.V13I2.9233

Widia, N., & Faroh, W. N. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo pada Outlet Happy Cell Pamulang - Tangerang Selatan. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, Dan Sumber Daya Manusia, 1(4), 514–520.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Adrianto, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 55-61. https://doi.org/10.35126/ilman.v9i2.71

Issue

Section

Articles