Pengaruh Customer Experience Dan Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada SPBU Self Service Pertamina DIY

Authors

  • Muhammad Fahmi Zayyan Zayyan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Yunita Fitri Wahyuningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Customer Experiences dan Customer Satisfaction terhadap Repurchase Intention pada SPBU Self Service Pertamina DIY. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan analisis jalur melalui kuesioner yang dibagikan kepada 150 responden yang merupakan pelanggan SPBU Self Service Pertamina DIY. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Customer Experiences berpengaruh positif signifikan terhadap Repurchase Intention, Customer Satisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap Repurchase Intention dan secara bersama-sama Customer Experience Dan Customer Satisfaction berpengaruh positif terhadap Repurchase Intention. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pembelajaran untuk cabang SPBU lain di Indonesia agar dapat meningkatkan Repurchase Intention pada SPBU terutama SPBU dalam metode Self Service.

References

Anang, Firmansyah, PEMASARAN (Dasar Dan Konsep) (Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019)

Ardhanari, Margaretha, ‘Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand Preference Dan Repurchase Intention Private Brand’, Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand …. (Margaretha Ardhani) Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 588.2 (2008), 58–69

Cahyani, Budi, ‘Tiap Tahun, Ada 100.000 Kendaraan Baru Di Jalanan DIY’, Harian Jogja, 2023

Cahyani1), Aulia, and Yustisia Pasfatima Mbulu3) , I Made Adhi Gunadi2), ‘PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA PT. TRAVELOKA INDONESIA’, 4.1 (2019), 25–36

Chandra, Joshua Revindy, Michael Adiwijaya, and Ferry Jaolis, ‘Pengaruh Customer Experiences Dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention Dengan Moderasi Sales Promotion Pada Spbu Shell Surabaya’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 17.1 (2023), 41–52 <https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.41-52>

Fadhil Fausta, M, Patrick Anderson, and Renny Risqiani, ‘Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, CUSTOMER SATISFACTION, TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA RESTORAN CEPAT SAJI’, 20.01 (2023), 1 <https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium>

Farid, Ifda’u Ali, ‘Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Konsumen Pada D’Besto Cabang Marpoyan Damai Pekanbaru’, 2020

Firdhiani, Anna Rosaria, and Ari Setiyaningrum, ‘Studi Tentang Faktor-Faktor Penentu Customer Loyalty Pada Grabfood: Investigasi Atas Perceived Value, Customer Satisfaction, Dan Switching Cost’, Ekonomi Bisnis, 25.2 (2020), 120 <https://doi.org/10.17977/um042v25i2p120-132>

Hong, Briandy, Karina Brahmana, Program Manajemen Pemasaran, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, and Jl Siwalankerto, ‘Pengaruh Service Quality , Perceived Value , Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pelanggan Di Resto Buro Bar Surabaya’, 2013, 1–12

Kevin, Thomas, Putra Bawono, Hartono Subagio, Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra, and Jl Siwalankerto, ‘ANALISA PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA INSTAGRAM ADIDAS INDONESIA DI SURABAYA. Thomas’, 2018

Na, D E Conduta, and Crise Hipertensiva, PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN, 2019 <http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.pdf>

Nurdiansah, Asep, ‘PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN REPURCHASE INTENTION ( STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE FOOD )’, 1.8 (2022), 1495–1514

Putra, Dicky R., and Yuliana R. Prasetyawati, ‘PENGARUH GREEN PRODUCT TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN MELALUI GREEN ADVERTISING (Studi Terhadap Konsumen Starbucks)’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 15.2 (2021), 69–74 <https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.69-74>

Ramadani, Eva, and Yunita Fitri Wahyuningtyas, ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Makan Bebek Goreng Kang Dono’, 2020

Renata, Devina, ‘PENGARUH CUSTOMER TRUST, CUSTOMER SATISFACTION, DAN ONLINE STORE ATMOSPHERE TERHADAP REPURCHASE INTENTION E-COMMERCE HAMZAH BATIK’, 2022

Roesandi, Rafida Zulfa, ‘PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, CUSTOMER PERCEIVED VALUE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM’ (UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG)

Septian, Bernadita Purba, Indah Handaruwati, Program Studi, Manajemen Universitas, and Kristen Surakarta, ‘PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PEDAN KLATEN’, 3.2

Teknologi, Jurnal, Informasi Jtsi, Hendri Eka Pratama, and Heni Sulistiani, ‘SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX PADA PENJUALAN PARFUME ( STUDY KASUS?: PARFUME CORNER BDL )’, 2.4 (2021), 29–36

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Zayyan, M. F. Z., & Fitri Wahyuningtyas, Y. (2024). Pengaruh Customer Experience Dan Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada SPBU Self Service Pertamina DIY. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 1-8. Retrieved from https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman/article/view/569

Issue

Section

Articles