Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Remaja
Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Penggunaan Media Sosial, Facebook, InstagramAbstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan Satisfaction Theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi interpersonal mempengaruhi penggunaan media sosial pada 150 orang remaja. Populasi penelitian ini berjumlah orang yang terdiri dari 60 orang remaja. Metode yang digunakan untuk sampel adalah metode Slovin dengan tingkat signifikansi 10%. Sampel yang ditentukan sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini adalah uji t sebanyak 150 pertanyaan dengan 30 pertanyaan, dengan masing-masing variabel sebanyak 15 pertanyaan. Dari hasil pertanyaan tersebut, 30 jawaban variabel komunikasi interpersonal menjawab “tidak setuju”, sedangkan 150 jawaban variabel penggunaan media sosial menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Facebook mengarah pada interaksi sosial, namun penggunaan media sosial adalah: Instagram menghubungkan Anda ke informasi.
References
Abrar, Ana Nadya. 2003. Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: LESFI.
Ardianto, Elvinaro. 2011. Komunikasi 2.0 Teoritis dan Implikasi. Yogyakarta: ASPIKOM Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Darmawan, D. 2009. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakaya Effendy, Uchjana Onong. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Febrian, Jack. 2005. Menggunakan Internet. Bandung: Informatika. Hamidati, Anis, dkk. 2011. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Mata Padi Pressindo
Kurniali, Sartika. 2009. Step by Step Facebook. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Littlejhon, S. W., & Foss, K. A. 2009. Teori Komunikasi Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.
Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Mulyana, Deddy.2010. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
McQuail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika. Purwandi l. dkk, 2016.
Indonesia 2020: The Urban Middle Class Millenials. Alvara Research Center Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan 85 Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.
Sujarweni. V.Wiratna., Metodologi Penelitian, Yogyakarta, PT Pustaka Baru, 2014.