Pengaruh Celebrity Endorsement Di Media Sosial Instagram Dalam Promosi Produk Kecantikan Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Tasyafarasya)

Authors

  • Wahyu Nurul Faroh Universitas Pamulang
  • Reza Adinda Universitas Pamulang

Keywords:

Celebrity Endorser, Attractiveness, Expertise, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Selebgram Tasya Farasya yang terdiri atas Attractiveness (Daya Tarik) dan Expertise (Keahlian) pada minat beli konsumen secara online pada media sosial Instagram (Studi dilakukan dengan cara pengisian kuesioner secara online atau google form). Penelitian ini menggunakan metode Non-Probability Sampling yaitu dengan jumlah Sampel penelitian ini adalah followers akun instagram @Tasyafarasya sebanyak 100 responden dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dengan menggunakan analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Pengujian hipotesis daya tarik (X1) diperoleh nilai thitung -1,056 < ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,294 > 0,05, dengan demikian Ho1 diterima dan Ha1 ditolak, berarti secara parsial variabel daya tarik tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Pengujian hipotesis keahlian (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 9,955 > ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha1 diterima dan Ho1 ditolak, berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel keahlian terhadap minat beli. Hasil uji simultan untuk keseluruhan variabel menunjukan nilai Fhitung sebesar 60,252 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan Ftabel sebesar 3,09. Dengan demikian Fhitung 60,252 > Ftabel 3,09 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya hipotesis yang menyatakan variabel Attractiveness (Daya Tarik) dan Expertise (Keahlian) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli.

References

Bilson, Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Durianto, Darmadi ; Sugiarto; dan Budiman, Lie Joko. 2004. Brand Equity Ten (Strategi memimpin pasar). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS

Semarang: Badan Penerbit

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Muharto & Ambarita, A. (2016). Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Rachbini, W. (2018). VIVO V7)”. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668.

Royan, F.M. (2005). Marketing Selebritis. PT. Elex Media Komputerindo: Jakarta. Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-

Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Shimp, Terence A. 2010. Advertising Promotion and Other Aspects of Interated Marketing Communication 8th Edition. Canada: Nelson Education,Ltd

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wiyono, Gendro. 2011. Merancang penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS

0 dan SmartPLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Abdiguna, S., & Faroh, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT MOB Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 779-792. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i4.34441

Faroh, W., Hastono, H., & Irmal, I. (2023). Peningkatan Kualitas Perangkat Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Umkm Dengan Digital Marketing di Desa Sukajadi Bogor. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(4), 375-378. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/37155

Faroh, W., Lestari, A., & Kustitik, K. (2023). Optimalisasi Penggunaan Internet Untuk Membuka Peluang Usaha Siswa Smk Sasmita Jaya 2. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 113-117. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/30715

Putri, J., & Faroh, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Toko Online Bobby Bakery). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 637-650. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i3.33322

Supriyani, R., & Faroh, W. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Xavier Marks Gading Serpong. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 810-819. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i4.34776

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Faroh, W. N., & Adinda, R. . (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement Di Media Sosial Instagram Dalam Promosi Produk Kecantikan Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Tasyafarasya). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 24-30. Retrieved from https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman/article/view/558

Issue

Section

Articles