Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Bahtera Real Property

Authors

  • Steven Halim Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen STIM Sukma

Keywords:

Service Quality, Customer Satisfaction

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of service quality on customer satisfaction at PT. Bahtera Real Property. The method used in this research is descriptive method. This type of research is quantitative data, primary data obtained through questionnaires. The research population is all consumers who bought from the company during the 2022 period, totaling 98 customers. Because the total population is 98, the applied sampling technique is saturated sample where all customers will be occupied as research samples. The analysis technique used is simple linear regression and statistical tests, namely t-test, by using SPSS software. The test results show that service quality has a positive and significant influence on customer satisfaction at PT. Bahtera Real Property. The conclusion of the study is that service quality has a positive and significant influence on customer satisfaction at PT. Bahtera Real Property.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Bahtera Real Property. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Jenis penelitian adalah data kuantitatif, data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh konsumen yang membeli pada perusahaan selama periode 2022 sebanyak 98 pelanggan. dikarenakan jumlah populasi yang digunakan adalah sebanyak 98, maka teknik penentuan sampel akan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh pelanggan akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji statistik yaitu uji-t dengan menggunakan software SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Bahtera Real Property. Kesimpulan penelitian adalah variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Bahtera Real Property.

 

 

Published

2023-10-04

Issue

Section

Articles