Adanya Dampak Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di RH Interior
Keywords:
kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan pelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari sebuah kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen/pelanggan perusahaan RH Interior. Kualitas pelayanan merupakan sebuah kriteria atau tolak ukur sebuah perusahaan dalam hal pelayanan yang berdampak langsung pada kepuasaan pelanggan sesuai dengan kebutuhan. Kualitas produk merupakan suatu kondisi fisik atau wujud serta fungsi produk berdasarkan tingkat mutu yang disesuaikan dengan beberapa hal berupa durabilitas, reliabilitas serta kesesuaian fungsi untuk memenuhi kepuasan dan juga kebutuhan pelanggan. Dan kepuasan pelanggan adalah perasaan atau dampak yang diterima/feedback seseorang yang muncul setelah melihat kinerja suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan. Tujuan dari mengutamakan kualitas pelayanan dan kualitas produk sendiri guna menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan sehingga pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya serta bertujuan untuk menghindari terjadinya tuntutan/complain dari pelanggan. Perumusan masalah pada penelitian ini, “Seberapa besarkah pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan perusahaan RH Interior?” . Metode penelitian yang digunakan kuantitatif.