Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai)
Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli di desa Sipispis. Sampel penelitian ini adalah 108 masyarakat Dusun II desa Sipispis, pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu teknik yang menggunakan seluruh anggota populasi menjadi sampel (penelitian populasi). Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi (R2). Pengolahan data penelitian menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, secara simultan/bersama-sama variabel harga dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan koefisien determinasi sebesar 13,3% bahwa variabel harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya, promosi dan tingkat kepercayaan masyarakat.