Pengaruh Sadar Wisata dan Brand Wonderful Indonesia terhadap Minat Kunjungan pada Istana Maimun Medan

Authors

  • Ropita Anriany Lingga Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Edi Winata Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

Keywords:

Sadar Wisata, Brand Wonderful Indonesia, Minat Kunjungan, Istana Maimun

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan asing di Istana Maimun Medan,
jumlah sampel penelitian sebanyak 52 pengunjung di Istana Maimun Medan. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif sedangkan sumber data yang
digunakan pada penelitian adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh
pengunjung Istana Maimun Medan. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS. Metode
analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda
(Multiple Regression Analysis). Alat Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sadar
wisata dan Brand Wonderful Indonesia berpengaruh positif terhadap minat pengunjung pada
Istana Maimun Medan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial
variabel sadar wisata dan Brand Wonderfull Indonesia perpengaruh positif signifikan terhadap
minat pengunjung pada Istana Maimun Medan. Dimana pada Uji T Pada uji statistik t,
Variabel sadar wisata memiliki nilai sig. < ? (0,006 < 0,05). Variabel Brand Woderful
Indonesia memiliki nilai sig. < ? (0,020 < 0,05). Pada Uji F nilai uji statistik F, diketahui nilai
dari nilai sig. < ? (0,000 < 0,05).

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles