Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada PT. Cahaya Jaya Abadi Mandiri Kota Langsa

Authors

  • Emylia Retno Putri Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Tulus Rohana Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

Keywords:

iklan, citra merek, keputusan pembelian

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan dan citra
merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada PT. Cahaya Jaya Abadi
Mandiri kota Langsa. Sampel penelitian ini sebanyak 171 orang konsumen PT. Cahaya Jaya
Abadi Mandiri tahun 2015-2018, pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu
teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang atau kesempatan sama bagi setiap
unsur atau populasi untuk dipilih menjadi sampel. Analisis data menggunakan uji Regresi
Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t)
dan uji simultan (uji F). Sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa iklan dan citra merek mampu menjelaskan keberadaanya terhadap
variabel keputusan pembelian, selain itu secara parsial citra merek tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian, sementara iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Secara simultan iklan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian.

Downloads

Published

2022-07-19

Issue

Section

Articles