Analisis Pengaruh Keberadaan Platform E-Commerce dan Toko Fisik Terhadap Kenyamanan Berbelanja pada Generasi Z
-
Keywords:
Digital, Generasi Z, E-commerce, Online, OfflineAbstract
Abstrak, Penelitian ini menganalisis tingkat kenyamanan pengalaman berbelanja (Y) di platform e-commerce (X1) dan Toko Fisik (X2), terkhusus Generasi Z yang merupakan kelompok konsumen yang aktif secara digital. Metode penelitian yang digunakan adalah survei penyebaran kuesioner digital (googleform) yang fokus pada responden generasi Z yang mempunyai pengalaman berbelanja online dan offline. Penulis memilih menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data Accidental sampling. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis OLS regresi linier berganda menggunakan software SPSS Statistic. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 mempengaruhi X1 sebesar 73%. Berdasarkan hasil uji koefisien diketahui bahwa setiap pertambahan satuan X1 memberikan pertambahan sebesar 0.658 satuan variabel Y dengan anggapan X2 bernilai tetap sementara setiap pertambahan 1 satuan (X2) memberikan pertambahan sebesar 0.243 satuan variabel Y yang artinya X1 (E-commerce) memberikan pengaruh pertambahan lebih besar terhadap satuan pengalaman berbelanja tepatnya lebih besar pengaruhnya 40% dibandingkan (X2) toko fisik.